RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah : SMPN 4 Kudus
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Kelas/Semester : VIII/Ganjil
Standar Kompetensi :
1. Menampilkan Perilaku yang Sesuai dengan Nilai-nilai
Pancasila
Kompetensi Dasar :
1.2 Menguraikan Nilai-nilai Pancasila sebagai Dasar
Negara dan Ideologi Negara
Alokasi
Waktu : 4 X 40 Menit (2 X
Pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan mencari
informasi dari berbagai sumber tentang nilai-nilai Pancasila, siswa dapat memahami bahwa
nilai-nilai Pancasila digali dari budaya bangsa Indonesia sehingga dapat menumbuhkan sikap integritas.
2. Dengan menguraikan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap
sila Pancasila, siswa dapat memahami setiap nilai Pancasila dan mempunyai sikap
kewarganegaraan.
B.
Indikator
1. Menunjukkan nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia yang hidup dan
berkembang dalam masyarakat Indonesia di masa lalu dan sekarang
2. Menguraikan nilai-nilai yang
terkandung dalam setiap sila Pancasila
3. Menjelaskan nilai-nilai
Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara
C.
Materi Ajar
1.
Nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia
2.
Nilai-nilai
yang terkandung dalam setiap sila Pancasila
D.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah Bervariasi
2. Diskusi
3. Tanya jawab
4. Penugasan
E.
Kegiatan Pembelajaran
No.
|
Rincian
Kegiatan
|
Waktu
|
Pertemuan
Pertama
|
||
1.
|
Pendahuluan
v Guru menyiapkan kelas dalam pembelajaran
(presensi, kebersihan kelas, mengecek penugasan)
v Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau
kompetensi yang ingin dicapai
v Menyampaikan cakupan materi,
cakupan karakter yang akan dibelajarkan, dan penjelasan uraian kegiatan
sesuai silabus
v Guru memberikan apresepsi mengenai materi
yang akan dipelajari
v Guru memberikan motivasi siswa agar
semangat dalam pembelajaran
|
10
Menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
Eksplorasi:
v Guru melibatkan siswa mencari informasi
tentang materi yang akan dipelajari dari aneka sumber
v Guru menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
v Guru melibatkan siswa aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran
v Guru menjelaskan bahwa nilai-nilai
Pancasila digali dari budaya bangsa Indonesia
Elaborasi
v Guru memfasilitasi siswa melalui pemberian
tugas untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
v Guru membagi kelas menjadi bebrapa kelompok
untuk berdiskusi, setiap kelompok mendiskusikan tentang contoh perilaku yang
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sila pertama sampai dengan sila ke lima
yang ada di sekolah maupun lingkungan masyarakat.
v Guru memberi kesempatan siswa untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
v Guru memfasilitasi siswa membuat laporan
eksplorasi
v Guru memfasilitasi siswa menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok
v Siswa dapat menguraikan nilai-nilai
pancasila
Konfirmasi
v Guru memberikan umpan balik positif dan
penguatan terhadap keberhasilan siswa
v Guru bertanya tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
v Guru meluruskan kesalahpahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan dari jawaban siswa
v Guru mefasilitasi siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
v Guru melakukan tanya jawab dengan siswa
tentang materi yang belum dipahami
|
60
Menit
|
3.
|
Penutup
v Guru bersama siswa membuat simpulan dari
materi yang telah dipelajari
v Guru melakukan penilaian atau refleksi
terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan
v Guru memberikan tugas untuk meningkatkan
pemahaman siswa
v Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan berikutnya
|
10
Menit
|
Pertemuan
Kedua
|
||
1.
|
Pendahuluan
v Guru menyiapkan kelas dalam pembelajaran
(presensi, kebersihan kelas, mengecek penugasan)
v Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau
kompetensi yang ingin dicapai
v Menyampaikan cakupan materi, cakupan
karakter yang akan dibelajarkan, dan penjelasan uraian kegiatan sesuai
silabus
v Guru memberikan apresepsi mengenai materi
yang akan dipelajari
v Guru memberikan motivasi siswa agar
semangat dalam pembelajaran
|
10
Menit
|
2.
|
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
v Guru melibatkan siswa mencari informasi
tentang topik yang akan dipelajari
v Guru menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
v Guru melibatkan siswa aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran
v Guru menjelaskan nilai-nilai Pancasila sebagai
dasar negara dan ideologi negara
Elaborasi
v Guru memfasilitasi siswa melalui pemberian
tugas untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
v Guru membagi kelas menjadi bebrapa kelompok
untuk berdiskusi, setiap kelompok mendiskusikan tentang contoh perilaku yang
sesuai dengan nilai-nilai Pancasila sila pertama sampai dengan sila ke lima
yang ada di sekolah maupun lingkungan masyarakat.
v Guru memberi kesempatan siswa untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
v Guru memberi kesempatan siswa untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
v Guru memfasilitasi siswa membuat laporan
eksplorasi
v Guru memfasilitasi siswa menyajikan hasil
kerja individual maupun kelompok
v Siswa dapat menguraikan nilai-nilai
pancasila
Konfirmasi
v Guru memberikan umpan balik positif dan
penguatan terhadap keberhasilan siswa
v Guru bertanya tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
v Guru meluruskan kesalahpahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan dari jawaban siswa
v Guru mefasilitasi siswa melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
v Guru melakukan tanya jawab dengan siswa
tentang materi yang belum dipahami
|
60
Menit
|
3.
|
Penutup
v Guru bersama siswa membuat simpulan dari
materi yang telah dipelajari
v Guru melakukan penilaian atau refleksi
terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan
v Guru memberikan tugas untuk meningkatkan
pemahaman siswa
v Guru menyampaikan materi yang akan
dipelajari pada pertemuan berikutnya
|
10
Menit
|
F.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat
dan Bahan : Proyektor dan laptop
Media : Powerpoint Nilai-nilai
Pancasila
Sumber Belajar : Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk SMP dan MTs Kelas VIII
Buku
atau tulisan tentang Pancasila yang relevan
Media Internet
G.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
Menunjukkan
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia yang
hidup dan berkembang dalam masyarakat Indonesia di masa lalu dan sekarang
|
Observasi
|
Lembar pengamatan
|
Diskusi kelompok
(lihat lampiran)
|
Menguraikan
nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila
|
Tes tertulis
|
Pilhan ganda
|
Soal-soal
(lihat lampiran)
|
Kudus, September 2015
Mengetahui,
Guru
Pamong Mahasiswa
PPL
Aminudin,
S.Pd. Ahmad
Arif Rohman
NIP.
196711011994091001 NIM.
3301412132
LAMPIRAN 1
DISKUSI KELOMPOK
1. Diskusikanlah bersama
kelompokmu mengenai contoh mengenai penerapan nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari
2. Masing-masing kelompok
membahas satu sila dari Pancasila
3. Presentasikan hasil
diskusimu di depan kelas, dan buatlah kesimpulan hasil kegiatan diskusi
4. Format tugas kelompok
No.
|
Sila-sila Pancasila
|
Wujud penerapan di sekolah
|
Wujud penerapan di masyarakat
|
Wujud penerapan dalam
berbangsa dan bernegara
|
1.
|
Ketuhanan
Yang Maha Esa
|
|
|
|
2.
|
Kemanusiaan
yang Adil dan Beradab
|
|
|
|
3.
|
Persatuan
Indonesia
|
|
|
|
4.
|
Kerakyatan
yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawwaratan/ Perwakilan
|
|
|
|
5.
|
Keadilan Sosial bagi Seluruh
Rakyat Indonesia
|
|
|
|
Berikut ini format penilaian
diskusi kelompok/presentasi.
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Total Nilai
|
Presentasi
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan Mengemuka-kan
Pendapat
|
Kerja sama
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan: nilai maksimal 20
LAMPIRAN 2
SOAL-SOAL
1. Tempat yang pertama dan
utama untuk mengajarkan nilai-nilai luhur bagi seseorang adalah di
lingkungan...
a. Keluarga c. Sekolah
b. Masyarakat d. Madrasah
2. Nilai-nilai Pancasila
bersifat obyektif, artinya...
a.
Nilai Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia
b.
Nilai Pancasila di dalamnya terkandung nilai-nilai
kerokhanian
c.
Nilai Pancasila timbul dari bangsa Indonesia sendiri
d.
Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum di
Indonesia
3. Nilai-nilai Pancasila sebenarnya
telah dimiliki oleh bangsa Indonesia yang bersumber kepada...
a.
Hukum tertulis yang berlaku pada masyarakat
b.
Adat-istiadat dan kebiasaan dalam masyarakat
c.
Teladan dan tokoh-tokoh agama
d.
Anjuran dari tokoh-tokoh masyarakat
4. Sikap hidup yang mencerminkan
pelaksanaan sila pertama adalah...
a.
Mempengaruhi orang lain untuk pindah agama
b.
Bersikap acuh tak acuh kepada pemeluk agama lain
c.
Menghargai pemeluk agama lain yang berbeda
d.
Bersikap baik hanya kepada orang yang seagama
5. Diterimanya Pancasila
sebagai dasar dan ideologi negara memiliki beberapa alasan, antara lain...
a.
Pancasila menjiwai perjuangan kemerdekaan
b.
Pancasila dirumuskan oleh para pemimpin nasional
c.
Pancasila merupakan rumusan yang sejajar dengan bangsa-bagsa
lain
d.
Nilai-nilai Pancasila sudah ada dalam diri bangsa Indonesia
sebelum merdeka
6. Dalam mewujudkan nilai-nilai
persatuan Indonesia, maka kita harus bersikap...
a.
Menghormati pendapat orang lain
b.
Menghormati semua umat beragama
c.
Memiliki rasa cinta tanah air dan rela berkorban
d.
Tidak sewenang-wenang terhadap orang lain
7. Menjaga keseimbangan antara
hak dan kewajiban, merupakan pengamalan nilai-nilai Pancasila sila ke...
a.
Kesatu c.
Ketiga
b.
Kedua. d. Keempat
8. Di bawah ini yang bukan
merupakan contoh perilaku yang mengandung nilai demokrasi adalah...
a.
Menerima dan menghargai keanekaragaman bangsa Indonesia
b.
Mengutamakan musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan
c.
Selalu mensyukuri nikmat Tuhan
d.
Tidak suka memaksakan kehendak
9. Pancasila digunakan sebagai
dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara, hal ini berarti Pancasila
digunakan sebagai...
a.
Ideologi negara
b.
Perjanjian luhur bangsa Indonesia
c.
Tujuan negara Indonesia
d.
Dasar negara Indonesia
10. Latar belakang dijadikannya
Pancasila sebagai dasar negara dan
ideologi negara antara lain...
a.
Pancasila mampu mempertahanan NKRI
b.
Pancasila sudah ada sejak zaman Majapahit
c.
Panasila mudah dipahami masyarakat desa
d.
Pancasila sudah dikenal negara lain
KUNCI JAWABAN
1. A 6. C
2. D 7. B
3. B 8. C
4. C 9. D
5. D 10.
A
TUGAS TERSTRUKTUR
SOAL
1. Apa yang dimaksud dengan
Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum?
2. Nilai Pancasila akan ada
sepanjang masa dalam kehidupan bangsa, ini berarti nilai Pancasila bersifat...
3. Susunan Pancasila tersusun
secara hierarkhis. Apa maksudnya?
4. Sebagai ideologi, Pancasila bisa
bersifat terbuka dan tertutup. Terbuka
artinya nilai-nilai Pancasila sesuai dengan perkembangan zaman. Apa yang
dimaksud dengan pancasila sebagai ideologi yang tertutup?
5. Nilai-nilai apa sajakah yang
terkandung di dalam nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi?
JAWAB
1. Setiap peraturan
perundang-undangan bersumber dari Pancasila dan tidak boleh bertentangan dengan
Pancasila
2. Lestari
3. Sila-sila Pancasila tidak
boleh dibolak-balik, sila pertama menjiwai sila-sila dibawahnya, antara sila
satu dengan sila lainnya tidak bertentangan
4. Pancasila tidak bisa dirubah
oleh siapapun
5. Nilai-nilai Ketuhanan,
Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan dan Keadilan
TUGAS INDIVIDU
Soal:
“Carilah dari berbagai sumber (majalah, surat kabar,
berita internet, atau media cetak lainnya.) contoh perilaku yang tidak sesuai
dengan nilai-nilai Pancasila. Tempelkan di buku tugas kalian kemudian
analisislah mengapa perilaku tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai sila
Pancasila dan tidak sesuai dengan sila keberapa! Kerjakan di rumah!”
No comments:
Post a Comment